Jumat, 12 Februari 2010

Gurun

Gurun adalah Padang yang sangat luas sekali, karena luasnya itu bisa kemungkinan kita tersesat disana, jika kita tidak mau itu terjadi, persiapkanlah alat yang dapat menengarai kita misalnya kompas atau peta dan sebagainya.

Gurun terbesar yang ada dibumi terdapat di Benua Afrika bagian utara. terbentang dari moroko hingga ke Egypt/Mesir luasnya sekitar 9.000.000 km2. Kata Sahara diambil dari Arab yang namanya padang pasir, di Arab pun meengambil nama ini dari bahasa Sumeria. kalau luasnya sebegitu besarnya bahkan bisa saja kalau bentang barat hingga ke timurnya dapat mencakup Indonesia dan sekitarnya bukan.

Terkadang gurun sahara ini diambil sebagai tempat scene perfilman orang west/barat, dan dapat pula digunakan para pe-rally kelas dunia sebagai ajang tantangan di medan berpasir panjang ini, yang dimana biasanya pergelaran Rally tingkat dunia selalu disebutkan Rally Dakkar yang tidak familiar/asing lagi.

Selain gurun sahara di Benua Afrika ada juga gurun di Afrika bagian barat daya bernama gurun Kalahari. Jika di Afrika ada gurun sahara dan Kalahari, di Benua Asia pun terdapat gurun yang terdapat di Asia bagian tengah bertempat di China bernama gurun Gobi dan Takla Makan di Tiongkok (nama lain Cina) dan gurun Turkestan kalau di Asia bagian selatan bernama gurun Thar berada di India dan mencakup pakistan bagian utara, di Asia bagian barat terdapat gurun Semenanjung Arab termasuk gurun an-Nafud dan Rub al-Khali, dan di belahan dunia selatan juga terdapat gurun, gurun tersebut berada di Benua Australia bernama gurun Australia yang termasuk gurun Gibson, Great Sandy, Great Victoria dan Simpson. Dan tidak kalah di Benua Amerika pun ada gurun bernama gurun Amerika Utara termasuk Great Basin, Mojave, Sonorah dan Chiahuahuan berada di USA dan Mexico. Amerika bagian selatan terdapat gurun bernama Pentagonia bertempat di Argentina selatan.

lebih tepatnya...

Selesailah masalah gurun. Bagaimana readers, bosan tidak mengungkap gurun di berbagai belahan dunia ini. kalau mereka punya gurun, kita juga tak kalah dengan pasir pantai Indonesia yang begitu indah, sehingga para turis berwisata disini untuk melihat keindahan view/pemandangan Nusantara yang kita cintai ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KumpulBlogger.Com