Sabtu, 20 Maret 2010

FIFA Coret Indonesia dari Daftar Calon Tuan Rumah Piala Dunia 2022

ZURICH--Dalam satu pernyataan di Zurich, Swiss, hari Jumat sore, FIFA mengumumkan pencoretan Indonesia dari proses penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. "Kami sudah memberitahu Indonesia bahwa karena kegagalan mereka menyediakan sejumlah jaminan tetulis sampai tenggat waktu, Indonesia tidak lagi calon untuk 2022," kata sekretaris jenderal FIFA, Jerome Valcke, kepada para wartawan. "Mereka keluar dari proses ini."

Dengan pengumuman FIFA itu, sekarang tinggal Australia, Inggris, Jepang, Meksiko, Belanda/Belgia, Rusia, Spanyol/Portugal, dan Amerika Serikat yang masih menjadi calon penyelenggara final 2018 dan 2022. Sedangkan Qatar dan Korea Selatan mengajukan tawaran untuk 2022 saja.

Dalam penjelasan kepada BBC, Ketua tim penawaran Piala Dunia Indonesia, Joseph Tortulis, menyatakan pihaknya diminta oleh FIFA untuk mengumumkan kepada publik Indonesia keputusan badan sepak bola dunia itu. "Kami sudah mengumumkannya," kata Tortulis.Joseph Tortulis menambahkan bahwa proses penawaran Piala Dunia 2022 yang dilakukan Indonesia ini didukung dana sebesar Rp 250 miliar.

Ketika ditanyakan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk penawaran ini, Tortulis mengatakan, "Saya tidak tahu persis kalau terkait dengan biaya. Tetapi, di awal sekali dan dalam rapat koordinasi dengan Menko Kesra Agung Laksono dan (mantan) Menpora Adyaksa Dault serta KONI, di situ diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI bahwa total biaya yang disiapkan untuk proses bidding (penawaran) ini adalah 250 miliar rupiah," kata Tortulis. Sayang sekali bukan, Kita tidak bisa mendapatkan peran penting dalam pergelaran Dunia tahun 2022.

Sumber: FIFA Coret Indonesia dari Daftar Calon Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KumpulBlogger.Com