Sabtu, 20 Maret 2010

Sekjen PBB: Pembangunan di Yerusalem Timur Ilegal

Sekretaris Jendral PBB, Ban Ki-Moon mengatakan kepada Israel bahwa semua pemukiman di wilayah yang diduduki ilegal dan harus dihentikan. Ia mengatakan hal itu setelah pertemuan dengan Perdana Mentri Palestina, Salam Fayyad, di awal kunjungan ke Timur Tengah. Ban juga akan bertemu dengan para pemimpin Israel, yang sejauh ini menolak untuk menghentikan pembangunan di wilayah pemukiman Yahudi.

Ban mendesak kedua belah pihak untuk memulihkan pembicaraan damai dan menunjukkan ketulusan dan fleksibilitas. Ia juga mengulangi posisi PBB bahwa Yerusalem harus menjadi ibukota baik bagi Israel dan negara Palestina di masa depan.

Kunjungan pertama Ban Ki-Moon adalah di Ramallah, kawasan pendudukan Tepi Barat dan mengadakan perundingan dengan pemimpin Palestina.

Dalam pertemuan Kuartet di Moskow sehari sebelumnya, Ban mengatakan bahwa empat kelompok yang terdiri dari PBB, Amerika Serikat, Uni Eropa dan Rusia mengecam keputusan Israel untuk memperluas pemukiman Yahudi di Yerusalem Timur. "Karena pencaplokan Yerusalem Timur tidak diakui oleh masyarakat internasional, Kuartet mengecam keputusan pemerintah Israel untuk melanjutkan rencana pembangunan perumahan di Yerusalem Timur," kata Ban. Siapapun akan mengecam perbuatan itu, mengambil alih tempat pemukiman negara lain tanpa ada perjanjian sebelumnya. Itu sih sama saja dengan Colonization/Penjajahan.

Sumber: Sekjen PBB: Pembangunan di Yerusalem Timur Ilegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KumpulBlogger.Com